Thursday, March 31, 2016

Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 6 Kompas TV - Kenapa komentar juri dipotong ??

Tidak terasa SUCI sudah masuk season 6, posting saya soal SUCI ini ternyata sudah 5 tahun yang lalu waktu masih season I. Bisa dilihat di link Stand up comedy kompas tv.

Sampai sekarang tentunya saya masih setia mengikuti cuma memang karena vakum ngeblog aja jadi tidak ada post untuk beberapa tahun. 5 tahun berlalu, kompetisi datang silih berganti. Telah lahir juara-juara baru dan komika-komika baru yang dikenal banyak orang. Berikut daftar juara SUCI Kompas TV  (sama link ke twitternya) :
Juara suci season 1 : Ryan Andriandhy
Juara suci season 2 : Ge Pamungkas
Juara suci season 3 : Babe Cabita
Juara suci season 4 : David Nurbiyanto
Juara suci season 5 : Rigen

Dah banyak juga ya, tinggal kita tunggu siapa nih juara barunya di season 6. Kalau menurut saya pribadi sih ada beberapa kandidat kuat menjadi juara di season ini: Indra Jegel, Rin Hermana, ada juga Sabiq(rada mirip Abdur-dan ternyata mereka teman-) dan Dana yang menarik penampilannya.

Dari segi acara sih kelihatan tambah ramai dibandingkan season 1 dulu, pesertanya juga sudah lebih matang mungkin memang trend stand up comedy naik yang berpengaruh pada makin banyaknya komika , komunitas dan event. Yang tentunya sejalan dengan jam terbang dan kualitas.

1 catatan saya soal siaran SUCI di televisi, yaitu soal komentar dewan juri yang dipotong. Kelihatannya  sudah mulai dilakukan dari season lalu. Dari 4 dewan juri yang ada yang disiarkan hanya 2 komentar. Padahal komentar dewan juri ini menurut saya merupakan bagian yang menarik. Mengapa hanya disiarkan 2 jika yang diundang 4 juri dengan kompetensi / background yang beragam. Entah supaya mendorong orang menonton langsung, tapi yang jelas lebih banyak yang menonton dari televisi.

Bagian komentar juri ini sebenarnya yang sering berbobot dan kadang menghibur terutama guyon antar juri. Apalagi  dengan adanya cak Lontong di season 6 ini (untuk mengimbangi Abdel di SUCA, hehe). Kita lihat di kompetisi stand up comedy Indosiar bagian dewan juri ini justru dieksploitasi, ada juri ada mentor bahkan sering durasinya jauh lebih lama dari siaran stand up nya itu sendiri. Kalau soal menghemat durasi kenapa bukan bagian yang lain yang dipotong seperti aksi MC yang kadang terlalu lama dan "kurang", atau pada bagian akhir saat pengumuman siapa yang dieliminasi. Kan direview lagi tu komentar juri bisalah diperpendek bagian ini. Lagipula kembali kepada kenapa harus mengundang 4 juri bila ternyata banyak komentar dipotong. Tentunya penonton ingin melihat komentar menyeluruh dan berurut dari setiap juri.

Minggu sebelumnya sempat semua komentar ditampilkan, dan memang menghibur kok komentar2 itu. Eh pas siaran jumat tgl 25 lagi2 komentar dipotong. Kecewa, harapannya sih komentar ditampilkan full. Maju terus Suci dan kompas TV

No comments: