Saturday, January 19, 2013

Top Website Indonesia - Website Lokal Paling Banyak di Akses di Indonesia [Januari 2013]

Sejak gudangmobil.com down jadi jarang saya buka2 Alexa, sampai akhirnya kemarin coba liat2 lagi Alexa alasannya karena pengin tahu perkembangan top website  di Indonesia.  Lebih khusus nya website indonesia/lokal yaitu website dengan konten local atau domain.co.id atau yang berbahasa indonesia atau kantornya di Indonesia :).

Untuk melihat daftar top sites alexa khusus Indonesia dapat di lihat di sini.
Website macam, google, facebook, youtube, blogspot, yahoo yang nangkring di top 5, serta website macam twitter,amazon, 4shared tidak saya masukkan karena tidak masuk ke kategori website lokasl. Karena kita tahu website lokal kita belum ada yang menjadi 'raja' di negeri sendiri seperti baidu yang nomer 1 di China. Walaupun perkembangan website lokal terus meningkat seiring pengguna internet yang meroket dan akses internet yang juga makin mudah. Bisa dilihat website seperti kaskus dan detik yang di Indonesia pengaksesnya lebih banyak daripada twitter/wikipedia.


Ok, berikut daftar website lokal yang masuk top 100 situs teramai yang diakses dari Indonesia berdasar Alexa per tanggal 19 Januari 2013:
  1. Kaskus.co.id (rank 8)
  2. Detik.com (rank 9)
  3. Kompas.com (rank 12)
  4. KlikBCA.com (rank 15)
  5. Tokobagus.com (rank 16)
  6. Viva.co.id (rank 18)
  7. Berniaga.com (rank 22)
  8. BankMandiri.co.id (rank 24)
  9. Indowebster.com (rank 25)
  10. ads-id.com (rank 27)
  11. Kompasiana.com (rank 29)
  12. Okezone.com (rank 32 )
  13. KapanLagi.com (rank 33)
  14. TribunNews.com (rank 35)
  15. Lintas.Me (rank 40)
  16. Ganool.com (rank 41)
  17. SmartFren.com (rank 43)
  18. Tempo.co (rank 45)
  19. Games.co.id (rank 51)
  20. Bhinneka.com (rank 52)
  21. Merdeka.com (rank 53)
  22. JNE.co.id (rank 55)
  23. Lazada.co.id (rank 57)
  24. Inilah.com (rank 58)
  25. Indonetwork.co.id (rank 60)
  26. olx.co.id (rank 61)
  27. Blogdetik.com (rank 64)
  28. Tokopedia.com (rank 66)
  29. Jobstreet.co.id (rank 71)
  30. RepublikaOnline.co.id (rank 72)
  31. BNI.co.id (rank 74)
  32. Liputan6.com (rank 75)
  33. Bola.net (rank 76)
  34. StafaBand.info (rank 83)
  35. 21Cineplex.com (rank 91)
  36. Travian.co.id (rank 95)
  37. LionAir.co.id (rank 100)
Kaskus, hingga saat ini masih tetap menjadi jawara situs indonesia. Walaupun sempat berubah domain dari kaskus.us menjadi kaskus.co.id/kaskus.com tetep di nomor 1, ditempel ketat oleh detik yang memiliki banyak subdomain kuat macam, detikhot, sport, forum dan sekarang didukung pula oleh transcorp milik si anak singkong :). Walaupun kalo liat trend detik mulai membalap kaskus. Kaskus pun pengunjung justru menurun dibanding saat masih menggunakan domain kaskus.us, mungkin akan saya bahas di posting yang lain.

Tampak dari 100 website yang diakses oleh pengguna internet dari Indonesia 37 website merupakan situs lokal (hampir 40%). Tentunya diharapkan bakal terus bertambah, kita liat saja data yang akan datang.

Dari data tersebut berdasarkan kategori konten(versi saya), website berakses tinggi didominasi oleh:
  • Portal berita (detik, kompas, viva.co.id - vivanews, tribun,tempo,okezone,merdeka,inilah)
  • Toko Online (tokobagus, berniaga , indonetwork, olx, lazada,tokopedia)
  • Forum,blog (kaskus.co.id, ads-id.com , kompasiana, blogdetik)
  • Informasi Spesifik (kapanlagi.com, 21cineplex, bola.net,jobstreet)
  • Internet Banking (bca, mandiri, bni)
  • File sharing (indowebster, ganool.com, stafaband.info)
  • Games (games.co.id, travian.co.id)
Dari data ini kelihatan dominasi utama adalah website/portal berita yang artinya orang Indonesia haus akan berita dan banyak yang cari berita di internet, kemudian forum seperti kaskus. Walaupun saya lebih setuju alasan website berita ramai karena konten berita yang sangat dinamis, ya berita yang terus update, dinamis dan bertambah mungkin jadi alasan utama website ramai dikunjungi, tak heran internet banking juga ramai pengunjung karena saldo kita yang dinamis dan selalu ingin kita cek, hehe :).

Ada trend baru dari daftar ini(sebenarnya sudah dari 2011 akhir). Kita lihat toko online sudah mulai masuk website yang ramai dikunjungi. Dulunya mungkin hanya bhinneka.com pionir toko online yang lengkap dan customer service yang baik selain jadi acuan harga produk komputer. Sekarang masuk tokobagus, berniaga, zalora - yang memang iklannya juga kenceng masuk TV. Perkembangan toko online ini tampak jelas dari penyedia layanan pengiriman barang JNE yang masuk di rank 55. Biasanya pengiriman dengan JNE memang menyertakan link untuk tracking online status pengantaran barang dengan nomor AWB.

Juga layanan perbankan internet banking yang ternyata responsenya positip tampak dari jumlah pengakses pada 2 bank paling besar di Indonesia. Harapan kita tentu juga internet banking ramai bukan sekedar orang cek saldo apakah masi ada yg bisa ditarik :),  tapi tentu pertumbuhan ekonomi yang meningkat ^^

Dari penerbangan yang masuk hanya lion air, dari operator seluler hanya smartfren (kaget juga ternyata aksesnya diatas telkomsel yang sekarang keluar dari 100 besar).

Sebenarnya ada website macam agoda.com yang juga masuk di rank 76, tapi saya anggap ini website luar negeri juga :) berbeda dengan lazada.co.id, berniaga yang walaupun dari luar tapi jelas-jelas peruntukannya buat orang indonesia bahasa full indonesia.






4 comments:

Dahlan Dahi said...

Update 10 portal berita terpopuler Indonesia 2013
http://www.dahlandahi.com/2013/08/jumlah-visitor-detikcom-kompas-vivanews.html

Anonymous said...

cara menjadi pintar
maaf saya hanya ingin berbagi ilmu tentang operasi system UNIX,,, maaf kalau saya lancang,,, tolong mampir ya pak
http://linuxdistro12.wordpress.com/cara-menjadi-pintar/

Admin Mebifors said...

Kaskus memang forum terkeren. Kira-kira berapa Penghasilan kaskus per hari.. ?

Harmaji Aribowo said...

Penghasilan perhari pastinya internal kaskus yang tahu, tapi bisa diperkirakan dari traffic dan jumlah iklannya. Banyak juga kok website yang menyediakan estimasi traffic dan penghasilan dari ranking alexa, sosmed, dll. Misal: di Kalkulator Harga Website

Kalau dari iklan2 premium model banner gitu bisa puluhan juta deh sehari.
Yah kayak tv lah, makin tinggi rating acara biaya iklan makin mahal, atau koran makin tinggi oplahnya harga iklan juga makin mahal.