Saturday, December 31, 2011

Buat apple ID tanpa kartu kredit (Iphone / Ipad)

Mau download2 free application dari App Store ?? Pastinya butuh apple id sebelum kita bisa install aplikasi yang ada di App store. Yang sering jadi masalah adalah harus memasukkan kartu kredit yang valid. Kadang kita jadi males/batal daftar karena mungkin ga punya cc atau takut ntar jadi malah konsumtif :) atau mungkin ada alasan lain (takut kali). Sebenarnya kita dapat membuat account tanpa memasukkan data kartu kredit, begini caranya:

Pada saat kita install aplikasi dari app store saat ada permintaan sign in menggunakan apple id,
pilih menu "Create New Account"
Akan tampil menu Country or Region, Pada pilihan Store pilih Indonesia, klik tombol "Next"

Kemudian akan tampil terms and condition dan Apple privacy policy
Pilih Agree , kemudian pada menu selanjutnya kita akan memasukkan alamat email (yg valid dan bisa kita akses karena link untuk aktivasi akan dikirim pada email ini) , pilih password yang diinginkan kemudian lengkapi data-data seperti security question, tanggal lahir dan lainnya.

Klik "Next" , kemudian pada bagian payment option pilih "None" lengkapi isian. Klik "Done"
Di sini sudah selesai proses pembuatan account, cek email kita untuk aktivasi account. Dari email akan diberikan link untuk aktivasi, setelah proses aktivasi berhasil kita dapat login menggunakan alamat email dan password yang kita masukkan. Dan selanjutnya tinggal pilih-pilih deh aplikasi yang pengin diinstall :)

Tugas, Kemampuan dan Kualifikasi Seorang System Analyst

Baru2 ini saya diminta untuk membantu membuatkan spesifikasi seorang system analyst.
Ok saya coba cari dari beberapa sumber dan pengalaman selama ini jadilah sebagai berikut:

Job Desc / Tugas:
  • Menganalisa sistem yang sudah ada dan membuat feasibility pengembangan sistem.
  • Mengembangkan solusi yang paling efisian dan efektif.
  • Menentukan teknologi yang akan digunakan dalam solusi pembangunan / pengembangan sistem.
  • Menentukan framework dan standard implementasi pekerjaan yang akan digunakan dalam pembangunan / pengembangan sistem.
  • Mengarahkan tim dalam pengembangan agar dapat bekerja secara sinkron dan terarah.
  • Bekerja dan berkomunikasi dengan pihak  pemberi kerja untuk memetakan kebutuhan sistem yang akan dibangun/dikembangkan.
  • Membuat dokumen kebutuhan sistem.
  • Menerjemahkan kebutuhan client(pemberi kerja) ke dalam spesifikasi teknis yang jelas dan terstruktur.
  • Membuat jadwal pelaksanaan implementasi termasuk jadwal uji coba dan skenarionya.
  • Mengawasi pelaksanaan implementasi sistem yang dibuat agar terarah dan sesuai dengan spesifikasi kebutuhan sistem dan jadwal yang telah ditetapkan.
  • Membuat metode transfer knowledge kepada pemberi kerja.

Kemampuan / Skills :
  • Kemampuan komunikasi yang baik, lisan dan tertulis
  • Kemampuan memahami bisnis proses yang baik dan mampu menerjemahkan kebuhan client ke dalam bahasa dan spesifikasi teknis yang jelas.
  • Pemahaman yang baik terhadap manajemen proyek.
  • Pemahaman tentang teknologi informasi (hardware & software) yang baik dan up to date
  • Dapat bekerja dibawah tekanan

 Kualifikasi / Syarat:
  • Pengalaman minimal 4 tahun di bidang Teknologi Informasi
  • Latar belakang pendidikan sarjana lulusan teknik informatika / manajemen informatika
  • Memiliki sertifikasi tertentu (mungkin terkait dengan proyek/pekerjaan)
Untuk syarat system analyst di proyek pembangunan perangkat lunak kadang sekedar formalitas atau mempersempit domain yang menyatakan tidak semua orang bisa ditunjuk sebagai system analyst.

Memang melihat tugas-tugas yang kadang masih rancu jabatan ini dengan project manager dan team leader. Tapi ya beginilah, untuk banyak pekerjaan kecil saya yakin seorang system analyst ini juga merangkap sebagai programmer, desainer, tester dan dokumentator dan team leader bagi dirinya sendiri atau beberapa orang -beberapa dalam arti masih dalam hitungan jari :)-

Momen Tahun Baru (Happy New Year 2012)

Ada yang berbeda hari ini  kemarin (sudah hari Sabtu ternyata) , Jum'at , 30 Des. Di jalan orang2 tampaknya pulang lebih awal. Saya yang ada janji dengan orangpun dikabari untuk datang lebih awal karena kantor tutup jam 2 hari itu.

Padahal saya pikir jumat ini apa bedanya dengan jumat2 yang lain, libur hari sabtu minggu dan senin sudah masuk seperti biasa ?? tapi suasananya memang beda, di mall pun ramai pengunjung keluarga. Dan aktivitas dimana2 pun beraroma libur.

Tahun Baru 2012 jatuh di hari minggu, sayang tentunya buat yang merasa bahwa minggu memang selayaknya libur. Dan tidak seperti tanggal 26 Des yang dijadikan cuti bersama, 2 Januari sepertinya semua masuk seperti biasa.

Tapi ya itulah, momen tahun barunya. Ada yg berbeda. Entah dari banyaknya cuci gudang/ discount akhir tahun. Entah banyak yg berlibur. Entah banyak yang sudah selesai tutup buku akhir tahun. Entah dari harapan pada tahun depan. Tampaknya semua lebih fokus untuk menutup tahun 2011 ini dan menjelang 2012 yang lebih baik.

Anehnya, apakah karena terbawa momen ini. Saya juga jadi kayak kesetanan ngeblog. Selepas cape maen CS terlintas ide untuk posting di blog saya sebanyak mungkin pada hari ini. Tembus ga ya 100 post ?? ga yakin juga sih, mata mulai pedess... Dah jam 1/2 4, tahajud dulu deh.. inget khotbah jumat siang kemarin. Yuuu....


Download dan Maen Cs 1.6 Online

Dah lama ga maen cs online, pas pengin maen lagi banyak server yg dah ga aktif.

Biasanya sih yg enak maen di ez, ga ngelag, pas juga nembak2nya. Orang2nya pun ramah. Tapi pas pengin maen ke ez-net ga bisa, harus download versi 1.44. Disitu dikasi link buat download cs versi barunya. Searching2 di google dapat link dari http://elninosoul.blogspot.com

Jadi cs installernya Bisa di download di http://adf.ly/4ESWS atau http://www.4shared.com/file/I_WQiqcZ/cs16_v44_full-maknyoscom.html ukurannya 250MB.

Cs yg lama uninstall aja...
Selesai download install, trus di favorites tinggal tambah alamat server ez
klik add server , masukin alamat cs1.ez.net.id:27015 (27015 sampai 27019)
atau bisa juga ipnya:  202.80.112.62:27015 utk server yg lain bisa diliat di http://www.gametracker.com/search/cs/ID/

Ok gampang kan, ayo maen cs biar ga stress.. dor dor headshot :)
nick saya biasanya : gudangmobil.com atau ajong ^^ --> tapi skill pas2-an buat hepi2 aja, hepi2 musuh maksudnya. Emang cs ni ga ada matinya... go go go !! fire in the hole










Ayo pakai PERTAMAX Gan !!

Liat di tv kementerian ESDM membuat iklan menghimbau kalangan berpunya supaya pada pakai pertamax. Tentunya pemerintah berharap subsidi jatuh kepada orang yang tepat atau subdisi ini bisa digunakan untuk banyak hal lain yg semoga lebih bermanfaat. Hingga di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) -  kemarin liat tv ada yg ga tau singkatannya - dipasang spanduk seperti tampak pada gambar di bawah.

Kira2 apakah spanduk ini efektif ?? atau malah cuman sekedar menghabiskan anggaran sosialisasi penggunaan BBM non subsidi ??

Kalau saya sih selama masih ada yg murah kenapa harus pakai yg mahal ?? betul ga ?

Karena pakai pertamax/non sub pun saya tidak merasa ada sesuatu yang lebih.

Ada sedikit ide dari saya agar penggunaan BBM non subsidi meningkat / mengurangi pemakaian BBM subsidi. (saya juga ga tau apakah ide ini sudah ada atau justru banyak lemahnya sehingga ga dipakai)

Stiker di mobil pemakai BBM non premium
Konsepnya mirip sama dengan kartu BLT. Dengan membuat stiker yang harus ditempel di mobil / motor yang ingin menggunakan BBM non subsidi. Nah tiap mobil yang memasang stiker ini baru boleh mengisi dengan premium. Kalau bisa stikernya norak dan mencolok, tulisan jelas bahwa mobil ini diisi dengan BBM non subsidi. Disini tujuan menggunakan stiker adalah tidak seperti kartu yang ga keliatan orang lain, justru biar keliatan. Poin pentingnya adalah produk hukum + sosialisasi +  kepatuhan petugas dalam mengisi bbm non subsidi hanya pada kendaraan dengan stiker. Juga kualitas stiker harus yg tidak gampang lepas.

Saya rasa bakal banyak orang terutama anak muda yang gengsian serta orang mapan yang akan takut menggunakan stiker ini. (bisnisman, pemimpin perusahaan, exmud, mobil marketing)

Alternatif lain adalah penghargaan pada para pengguna BBM non subsidi. Misal di parkiran mall ada lahan parkir khusus menggunakan struk pembelian pertamax plus minimal 150rb. Menarik kan dan ada gengsinya juga parkir di tempat itu ^^

Terakhir peace yow semuanya.. saya juga pakai premium koq :) just an idea..



Last Day in 2011

Ga terasa sudah tanggal 31 Desember 2011, liat2 blog taon ini isinya cuman 3 posting ^^

Resolusi taon ini yang ditulis lalu ditempel di lemari sudah hilang entah kemana :)
1 yang jelas inget dan Alhamdulillah terkabul adalah punya anak ^^

Aletta Carina Abinaya  , lahir 20 September 2011 kemarin... hehe dah jadi bapak sekarang

Trus taon depan apa dong resolusinya ??
Hmm... ngelarin utang2 taon ini juga dah bagus kok.. so far so good

Target sekarang nambahin isi blog... semangat walo ga ada yg baca hehe



Sunday, December 11, 2011

statistik pada data e-KTP

Seringkali dalam membuat sebuah report pemilik data pun bingung laporan/  report / informasi apa yang bisa ditampilkan dari data yang ada. Untuk sebuah kumpulan data maka kemungkinan report bisa dikatakan tak terbatas. Namun yang jadi masalah apakah report tersebut dibutuhkan dan bermanfaat. Lalu bagaimana langkah analisa membuat sebuah informasi / report yang diperlukan? hehehe saya bukan seorang statistik, jadi saya beri saja contoh kemungkinan pengolahan sekumpulan data.

Saya ambil contoh sebuah proyek yang sedang ramai e-KTP, dapat dilihat dari website nya disebutkan apa saja  fungsi dari e-KTP. Namun dibalik sejumlah fungsi itu sebenarnya dapat kita ambil beberapa report atau hasil analisa yang menarik.
Berikut contoh informasi menarik yang dapat diambil dari database penduduk indonesia.

Kita bisa tahu apa nama paling banyak digunakan oleh orang indonesia laki-laki dan perempuan.
Apakah dedy, agus, deny untuk laki-laki atau dewi, putri, sari untuk yang wanita ?? Hal semacam ini seperti dapat kita ketahui di Amerika pada tahun 90 dapat diketahui nama laki-laki yang paling umum adalah James kemudian John, hasil dari analisa Biro Sensus Amerika (BPS nya Amrik kali ya?)

Mungkin dengan semacam soundex (-hayo ikutan nyumbang wikipedia ya-) agar hasilnya lebih baik sehingga jumlah di hitung berdasarkan kesamaan bunyi/homofon.

Yang kemudian untuk sebuah homofon 'dedi' dapat dibreak down dari nama yang berbunyi dedy berapa % yang ditulis dengan 'deddy', 'dedi', 'dedy'.

Dengan tambahan data tanggal lahir maka dapat kita gali informasi lain:
Mungkin kita penasaran berapa sih orang bernama Agus yang tidak lahir di bulan Agustus :)
yang masih sejenis benarkah  semua orang bernama Sagita lahir dengan bintang sagitarius ?

Tambah lagi dengan data pekerjaan, ini bisa jadi semacam hasil riset / survey, mungkin relasi antara nama dan profesi, misal 30% orang dengan nama 'Ilham' berprofesi sebagai dokter. Atau orang dengan nama 'ting-ting' sebagian besar berprofesi sebagai pedangdut atau pengantar surat yang sering salah alamat :p.

Dan tentunya dengan data tahun kelahiran dapat kita lihat trend sebuah nama ... misal nama Casandra populer untuk anak yang lahir pada era telenovela. 

Mungkin ada yg berpendapat lebih ideal dan update kalo menggunakan data sensus penduduk, tapi kalau melihat data sensus Penduduk 2010 dari BPS ternyata hanya menampilkan jumlah penduduk dan ada kelompok umur. Dan terus terang, pada saat proses sensus pun saya tidak merasa terhitung dalam sensus tersebut.

Yaah, masih banyak lagi peluang informasi yang bisa digali dari data e-KTP (jika sukses tentunya) walaupun tidak semua penduduk indonesia, minimal data-data untuk data penduduk yang lahir sebelum tahun '95 (ktp >> untuk 17 tahun ke atas). --- tentunya lebih luas lagi kalau data ini nyambung ke database rekening, pajak , dll (menarik namun juga 'seram' tentunya).

Sedikit pesan tersirat bahwa bentuk report dan informasi dapat terus digali dengan kreativitas kita, tentunya juga dari pengalaman kita melihat bentuk-bentuk report yang ada dari berbagai aplikasi dan bisnis proses sebagai referensi kita. 

Ada ide lagi informasi / report  apa yang bisa didapatkan dari database e-KTP ??