Sunday, November 04, 2012

Statistik Menarik Penduduk Indonesia (Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin)

Sebelumnya pada blog saya sempat posting masalah statistik e-ktp.
Lha kok kebetulan dapat kesempatan 'query' sejumlah datanya.
(Seneng banget saya dapat kesempatan melihat -hanya melihat- data ini utk menggali fakta menarik tapi bukan data rahasia loo).

Saya luruskan dulu (karena pada postingan pertama saya kurang ngerti juga kondisinya seperti apa). Sebetulnya sebelum ada eKTP ini kemendagri
sudah memiliki sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK)

Data SIAK ini yang diupdate berdasarkan KK, pertambahan anggota keluarga, perpindahan penduduk,pembuatan KTP. Jadi kurang lebih SIAK ini menyimpan data penduduk nasional. Tentang SIAK dapat dilihat di sini.

eKTP sendiri menyimpan data biometrik, sidik jari + iris dengan data dasar adalah data SIAK itu sendiri dengan catatan karena ktp jadi datanya khusus utk warga yg sudah wajib ktp (usia 17 / sudah pernah menikah).

Jadi gambaran kasarnya sebenernya eKTP ini selain menghindari duplikasi data penduduk (1 orang banyak ktp) juga sekalian mengupdate data SIAK itu sendiri (misal sudah pindah/sudah menikah atau profesi berubah). Utk data penduduknya sendiri basisnya ada di SIAK.

Sudah segitu ajalah kurang lebih tentang eKTP dan SIAK. Yang saya mau bahas lebih ke datanya:
dari data yang ada pada KTP kita (nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, pekerjaan)
tentunya banyak hal menarik yang bisa kita lihat:

Dan ini salah satu data iseng statistik yang saya dapat (ga yakin publish di bps/adminduk) :p
Berangkat dari pertanyaan ini: pada bulan apa orang Indonesia paling banyak lahir ??

Mungkin perkiraan kita kurang lebih harusnya rata setiap bulan ada 1/12 (atau 8,33%) di setiap bulan. Kita lihat ternyata dari data yang ada :

Jreeng.. bulan Juli adalah bulan terbanyak anak lahir di Indonesia.
Juli (15,9) % --> wow, hampir 2xnya ternyata. sedangkan bulan2 lainnya hampir rata dari 9,4 % sampai 6,4%

Dari data ini dari 12 orang dalam sebuah group(indonesai semua ni)
Jika Anda diminta menebak bulan kelahiran seseorang maka peluang mendapat orang yang lahir di bulan Juli tentu lebih besar (just try it, dan posting balik ke sini kalo benar ^^,thanks). Atau kalau mau di modif dikit, kalau ngomong zodiak harusnya kebanyakan orang Indonesia bintangnya "Cancer" (juli dominan cancer, sisanya Leo --> googling dulu cuy, ane juga ga apal ^^)

Yah mungkin bagi bbrp orang ada yang bilang, "Buat apa sih data ini??", "terus gw harus bilang wow gitu ??" (liat lagi di atas saya sudah bilang wow kok, kamu ga usah). Tapi kalo menurut saya justru inilah contoh fakta sebenarnya bisa kita ambil dari data yang ada (adminduk/BPS). Harusnya masih lebih banyak lagi yang bisa digali. Ini hanya sekedar contoh bagaimana sebenarnya dari data yang banyak ini tidak terbatas(hampir) analisa yang bisa dihasilkan. Semacam , "Did You Know-nya" Indonesia lah.

Mungkin dari fakta ini harusnya rumah sakit bersalin/dokter obgyn sebaiknya menghindari cuti pada bulan Juli, dan ambil cuti pada bulan Februari (paling kecil 6,4 %).

Atau mungkin ada yg iseng menghitung, wah pembuatan paling intensif berarti bulan Oktober (asumsi lahir normal mengandung 9 bulan) harusnya BKKBN banyak kampanye di bulan Oktober hehe :)

1 lagi  fakta di Indonesia (terkait gender) , pria banding wanita , kalo ini bisa dilihat di website BPS.
Pada tahun 2010
Perbandingan jumlah laki2:perempuan di Indonesia adalah 50.17 : 49.83

alias kurang lebih sama. Ini tanpa melihat parameter usia.

Dengan adanya angka ini maka adanya statement:
"Wanita di Indonesia jumlahnya 4x laki-laki. Jadi kalau 1 laki2 menikah dengan hanya 1 wanita, maka 3 wanita akan tidak memiliki pasangan (asumsi si laki2 setia) hehe" menjadi kurang valid.
Itu hanya pembenaran para laki2 , sori guys.

Mungkin lebih pas kalo pernyataannya:
"Jumlah laki2 yang mapan dan mampu memenuhi kebutuhan wanita hanya 1/4" Alias sebaran penghasilan yang tidak merata ke 1/4 laki2 terhadap 3/4 laki2 lainnya. Ujung2nya sebenernya justru banyak laki2 yang tidak mendapat pasangan :)

-wis ah gitu dulu, mencoba semangat menulis lagi-

2 comments:

Anonymous said...

Bisa kasi tau data yang 2016?
Kalau kata kakakku yang pernah kadi tukang periksa ujian pemantapan sd di jawa timur, yang paling banyak bulan desember

Harmaji Aribowo said...

Wah sudah tidak ada akses ke database nya. Kebetulan waktu itu tahun 2012 ikut ngurusin pengelolaan data adminduk jadi bisa query ke data kependudukan.

Itu dari tanggal lahir penduduk nasional untuk semua usia, jadi mungkin untuk satu daerah misal di jawa timur dan untuk kelahiran tahun tertentu bisa berbeda.

Banyak data yang bisa digali sih sebenernya, bulan kelahiran tertinggi, daerah kelahiran tertinggi, daerah yang rasio penduduk laki-laki dan perempuannya tinggi, daerah penduduk usia tuanya tinggi dan lain-lain. Sampai pada profesinya yang di KTP biasanya disertakan.