Thursday, March 31, 2016

Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 6 Kompas TV - Kenapa komentar juri dipotong ??

Tidak terasa SUCI sudah masuk season 6, posting saya soal SUCI ini ternyata sudah 5 tahun yang lalu waktu masih season I. Bisa dilihat di link Stand up comedy kompas tv.

Sampai sekarang tentunya saya masih setia mengikuti cuma memang karena vakum ngeblog aja jadi tidak ada post untuk beberapa tahun. 5 tahun berlalu, kompetisi datang silih berganti. Telah lahir juara-juara baru dan komika-komika baru yang dikenal banyak orang. Berikut daftar juara SUCI Kompas TV  (sama link ke twitternya) :
Juara suci season 1 : Ryan Andriandhy
Juara suci season 2 : Ge Pamungkas
Juara suci season 3 : Babe Cabita
Juara suci season 4 : David Nurbiyanto
Juara suci season 5 : Rigen

Dah banyak juga ya, tinggal kita tunggu siapa nih juara barunya di season 6. Kalau menurut saya pribadi sih ada beberapa kandidat kuat menjadi juara di season ini: Indra Jegel, Rin Hermana, ada juga Sabiq(rada mirip Abdur-dan ternyata mereka teman-) dan Dana yang menarik penampilannya.

Dari segi acara sih kelihatan tambah ramai dibandingkan season 1 dulu, pesertanya juga sudah lebih matang mungkin memang trend stand up comedy naik yang berpengaruh pada makin banyaknya komika , komunitas dan event. Yang tentunya sejalan dengan jam terbang dan kualitas.

1 catatan saya soal siaran SUCI di televisi, yaitu soal komentar dewan juri yang dipotong. Kelihatannya  sudah mulai dilakukan dari season lalu. Dari 4 dewan juri yang ada yang disiarkan hanya 2 komentar. Padahal komentar dewan juri ini menurut saya merupakan bagian yang menarik. Mengapa hanya disiarkan 2 jika yang diundang 4 juri dengan kompetensi / background yang beragam. Entah supaya mendorong orang menonton langsung, tapi yang jelas lebih banyak yang menonton dari televisi.

Bagian komentar juri ini sebenarnya yang sering berbobot dan kadang menghibur terutama guyon antar juri. Apalagi  dengan adanya cak Lontong di season 6 ini (untuk mengimbangi Abdel di SUCA, hehe). Kita lihat di kompetisi stand up comedy Indosiar bagian dewan juri ini justru dieksploitasi, ada juri ada mentor bahkan sering durasinya jauh lebih lama dari siaran stand up nya itu sendiri. Kalau soal menghemat durasi kenapa bukan bagian yang lain yang dipotong seperti aksi MC yang kadang terlalu lama dan "kurang", atau pada bagian akhir saat pengumuman siapa yang dieliminasi. Kan direview lagi tu komentar juri bisalah diperpendek bagian ini. Lagipula kembali kepada kenapa harus mengundang 4 juri bila ternyata banyak komentar dipotong. Tentunya penonton ingin melihat komentar menyeluruh dan berurut dari setiap juri.

Minggu sebelumnya sempat semua komentar ditampilkan, dan memang menghibur kok komentar2 itu. Eh pas siaran jumat tgl 25 lagi2 komentar dipotong. Kecewa, harapannya sih komentar ditampilkan full. Maju terus Suci dan kompas TV

Wednesday, March 30, 2016

Meme Batman tampar Robin (Batman slapping Robin)

Iseng-iseng coba buat meme, menggunakan salah 1 website meme generator imgflip. Ini template memenya:

Saya ambil gambar dasar "Batman slap Robbin". Rasanya cukup sering lihat meme ini di forum-forum. Cari-cari di internet ternyata gambarnya diambil dari komik World Finest terbitan DC Comic  no.153 tahun 1965. Bercerita perseteruan Batman VS Superman (Superboy), Batman menganggap Superboy yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya. Kasian juga si Robin ikut kena getahnya. Berikut gambar panel aslinya:

sumber: http://knowyourmeme.com

Cukup sekilas tentang asal-usulnya, berikut hasil meme yang saya buat:

Ada yang suka nonton srimulat ?? hehe
Maen tebakkata , katanya berima ternyata.
Kita berharap Robin mendapatkan gilirannya segera

 

Satu ucapan buat robin, "Sabar ya Bin, badai pasti berlalu". Semoga menghibur, mohon maaf bila ada kata atau konten yang kurang berkenan. Isi teks hanya karangan belaka tidak ada korban yang pipinya bengap dalam pembuatan meme di atas.

Terakhir nih, meme promo :)

Saturday, March 26, 2016

Matinya iklan offline / konvensional

Tidak dapat dielakkan bahwa media seperti televisi , koran, tabloid sumber keuangan utamanya adalah iklan. Ya iklan, terutama untuk konten yang sifatnya gratis maka hampir dapat dipastikan banyak pesan sponsor di dalamnya.

Dalam iklan ada pihak yang membutuhkan jasa promosi produk / brand atau pesannya kita sebut sebagai  advertiser / pengiklan dan pihak yang menampilkan iklan / publisher. Tentunya dari advertiser mau membayar pada publisher yang sudah jelas ada penontonnya. Dengan harapan brandnya akan lebih dikenal, pesan yang ingin disampaikan diketahui oleh banyak orang / target audiencenya. Jadi pantas saja untuk media dengan penonton yang tinggi menawarkan harga yang tinggi untuk pemasangan iklan.

Dengan makin banyaknya pengguna internet di dunia (Indonesia khususnya) iklan sudah mulai bergeser ke ranah online, tampak setiap media cetak (koran) memiliki website versi onlinenya tidak ketinggalan setiap stasiun televisi memiliki website portalnya.

Berikut beberapa poin mengapa iklan online sekarang lebih menarik:


1 . Konten lebih dinamis

Ya hal pertama adalah konten, pada iklan di media cetak / surat kabar offline apabila ada kesalahan cetak atau pesan yang kurang maka harus diubah pada iklan berikutnya. Apalagi untuk iklan pada media outdoor seperti poster atau spanduk, salah cetak akan merepotkan karena membutuhkan waktu lagi untuk produksi dan perijinannya.

Poster salah cetak, sumber gambar: bbc.om

Sedangkan pada iklan online content sifatnya sangat dinamis, dapat diubah pada saat itu juga. Misal ada kesalahan cetak atau gambar yang kurang tepat dapat diubah dengan cepat. Jenis iklannya pun dapat dalam beragam format, text, gambar, audi maupun video.

2. Target lebih terarah

Untuk iklan konvensional, misal billboard yang ada di pinggir jalan / lokasi strategis. Mungkin dapat dihitung berapa jumlah kendaraan yang melalui jalan itu setiap harinya. Tapi kita tidak dapat membatasi dan benar-benar tahu siapa saja yang sebenarnya melihat dan memperhatikan iklan tersebut, apakah pengemudi mobil, motor, tukang gojek, polantas, pengemis, pengamen atau bahkan penjual bakpao. Dan apakah pada kondisi macet (saat iklan dapat dibaca dengan tenang), suasana pengemudi kendaraan dalam mood yang baik.

Pada iklan online, dapat dipilih target pasar yang ingin disasar. Baik dari segi lokasi, maupun dari sisi kategori penonton iklan. Iklan dapat dilokasisasi sampai level kota / area (misal saya hanya ingin iklan tampil untuk pengguna dari jakarta dan bandung). Dari kategori penonton iklan dapat diperkirakan minat / ketertarikan / informasi terkait penonton. Fokus audience pun jelas pada laptop / komputer / hp yang sedang dipakai, jadi mau tidak mau iklan akan kelihatan.

Bahkan sekarang iklan sudah mengarah ke personal advertising, artinya iklan yang disesuaikan dengan minat dan pencarian oleh pengguna. Jadi misal saya sedang browsing soal laptop, maka iklan yang tampil kurang lebih akan menampilkan hal terkait laptop, mouse atau meja laptop.

3. Monitoring Iklan lebih mudah

Ini terkait dengan evaluasi efektivitas sebuah iklan oleh pemasang iklan. Dengan iklan online kita dapat dengan mudah mengevaluasi hasil dari iklan yang sudah dipasang, berapa impresi (iklan tampil) berapa yang melihat dan menekan iklan, berapa lama iklan dilihat. Mana produk / promosi yang lebih menarik pengunjung untuk klik / melihat detil iklan. Dari mana pengunjung biasanya datang.

monitoring-campaign
sumber gambar: http://scarlettsweb.co.za

4. Fleksibel dalam biaya

Pada iklan online dengan anggaran yang ada dapat diatur berapa yang ingin dikeluarkan, dengan harga yang rentangnya sangat luas dengan berbagai pilihan publisher / search engines sesuai dengan kebutuhan.



Dari poin-poin di atas tampak media yang paling kena dampaknya adalah media cetak dan iklan outdoor. Bagaimana dengan TV, tampak semua kelebihan iklan online di atas juga dimiliki oleh televisi - kecuali anggaran mungkin-? Tampak stasiun TV pada saat ini masih berjaya dengan iklannya, terutama pada saat prime time atau acara ber rating tinggi. Faktor utama jangkauan luas dan pengguna televisi yang memang sangat banyak.

Terkait dengan TV, kebetulan di rumah saya menggunakan paket internet + tv kabel (useeTV) indihome dari telkom. Ada 1 fitur menarik dari useeTV indihome ini, yaitu adanya fitur rekaman siaran selama seminggu, jadi jika saya ketinggalan menonton sebuah acara saya dapat melihatnya pada jam saya senggang. Misal acara standup comedy kompas tv. Pada fitur rekaman ini kita seperti nonton video, kita dapat mempercepat, memajukan (fast forward), mengulang (rewind) siaran tv yang kita tonton. Nah di sini enaknya kita nonton siaran tunda / rekaman, saya bisa melihat konten mana yang saya inginkan. Untuk konten yang menurut saya tidak menarik dapat saya lewati (skip) seperti sesi yang kadang sangat panjang untuk acara-acara favorit / rating tinggi.

Yang ingin saya soroti bukan soal fitur rekaman yang menguntungkan pengguna, tapi lebih ke pemasang iklan yang tentunya rugi dan kehilangan banyak target audience nya. Ini contoh bagaimana trend era digital mempengaruhi iklan konvensional bahkan televisi. Jelas sekali sekarang iklan mulai bergeser ke yang sifatnya online.

Kembali ke paragraf awal bahwa iklan menjadi pendapatan utama sebuah media. Saat iklannya mati, medianya pun menyusul.
 
So, selamat untuk pemilik website dengan visitor yang tinggi dan alami. Terutama untuk website dengan konten yang orisinal. Anda telah menjadi pemilik media!! Berapa pengunjung unik website Anda dalam sehari, itulah oplah Anda.


Friday, March 25, 2016

[PHP] Anagram : Sukar - Kuras - Kasur - Rusak - Rasuk - Rakus

Sekarang saya sedang aktif membuat website kamus bahasa Indonesia berdasar KBBI. Website kamus bahasa Indonesia sendiri sudah cukup banyak sebenarnya, tapi kami merasa ada sejumlah fitur lebih yang masih dapat dilengkapi. Nah kira-kira fitur/nilai lebih apa yang bisa ditambahkan di dalam website kamus123.com ?

Sebelumnya sudah ditambahkan fitur palindrom di kamus123.com, untuk membuat daftar kata-kata palindrom bahasa Indonesia seperti makam, aba-aba, katak, kocok, kisik, minim, merem, madam dan seterusnya. Tentunya sederhana dengan menggunakan fungsi strrev pada PHP atau fungsi REVERSE pada mysql kita bisa mendapatkan kata yang dibalik.

Kemudian terpikir untuk membuat daftar anagram dari sebuah kata untuk membentuk kata yang lain. Logika sederhananya bagaimana bisa menyatakan kuras = rakus = sukar = rasuk.

1. Pertama harus dipenuhi syarat bahwa kuras = rakus kita harus dapat memastikan bahwa 2 kata tersebut terdiri dari huruf / memiliki susunan huruf yang sama. KURAS (K-U-R-A-S) dan SUKAR (S-U-K-A-R) , hal ini dapat dilakukan menggunakan fungsi str_split dari PHP untuk memecah string menjadi array karakter.

2. Kemudian membandingkan K-U-R-A-S dengan S-U-K-A-R atau dengan  R-A-S-U-K (rasuk), agar dapat dengan mudah dibandingkan. Setelah menjadi array karakter, kita olah array tersebut menjadi array yang urut berdasarkan karakternya. Menggunakan fungsi sort pada PHP , K-U-R-A-S  , S-U-K-A-R dan R-A-S-U-K menjadi A-K-R-S-U

3. Setelah mendapatkan hasil yang sama dapat kita simpan kembali sebagai string menggunakan fungsi populer implode di PHP untuk mengubah array menjadi string.

Oke kita peroleh susunan huruf yang urut untuk setiap kata.

Kurang lebih begini fungsinya dalam PHP

// membuat susunan karakter urut dari sebuah kata
// return value: string
function buat_urutan_karakter($kata){
   // hilangkan karakter non alfanumerik
    $kata = preg_replace("/[^A-Za-z0-9]/", '', $kata);
    $arr_karakter = str_split($kata);
    sort($arr_karakter);
    return implode('-',$arr_karakter);
}

Cukup menarik, ternyata ada sebuah susunan huruf di dalam kamus bahasa Indonesia yang dapat diutak-atik lebih banyak dari susunan  A-K-R-S-U yang hanya bisa menjadi 7 buah kata yaitu : kasur-rusak-rakus-sukar-rasuk-saruk-kuras.

Misal susunan huruf a-i-k-l, dapat menjadi kata: akil, akli, alik, ikal, ilak, kail, kali, kial, kila, laik, laki. Ada 11 kombinasi kata yang dapat diperoleh. Mungkin memang beberapa kata-katanya kurang familiar kita dengar atau gunakan. Tapi itulah kekayaan bahasa kita, untuk mengetahui arti katanya dapat dilihat di kamus123.com, misal arti kata akli atau arti kata kial dan laik.

Dan tentu saja masih banyak susunan huruf lainnya dari kata dalam bahasa Indonesia yang dapat digunakan sebagai anagram untuk kata lainnya. Mungkin itu dulu share saya, sesuai pesan guru bahasa Indonesia saya dulu, "gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar" hehe.

 

Thursday, March 24, 2016

[Tips] str_replace / fungsi replace pada MySQL

Baru-baru ini ada kebutuhan buat cleansing data di MySQL untuk mengubah sebagian konten di beberapa row pada database. Kalau pakai PHP sih tinggal di looping, str_replace.

Ternyata eh ternyata MySQL sudah menyediakan fungsinya. Jadi bisa langsung eksekusi query di MySQL. Lumayan lah kalau data sudah banyak, fungsi ini bisa menghemat waktu untuk kebutuhan yang simpel untuk update data.

Misal kita memiliki sebuah tabel berita dengan kolom isi berita yang didalamnya mungkin ada hyperlink ke website lama dan kita ingin di tiap isi berita link lama akan diganti dengan link baru

UPDATE berita  
SET isi_berita = REPLACE(isi_berita , 'http://linkjadul.com', 'http://linkbaru.com');

MySQL sendiri memang banyak menyediakan fungsi yang lain seperti fungsi yang ada di PHP seperti:

reverse = strrev  , untuk membalik string seperti ayu jadi uya
length = strlen  , untuk menghitung panjang string
substr = substr , untuk mengambil bagian dari string
dan masih banyak lagi silakan cari sendiri ya.

Bahkan fungsi soundex pada PHP pun ada padanannya di MySQL. Walaupun hasil yang diperoleh berbeda antara soundex pada PHP dan MySQL.

Wednesday, March 23, 2016

Website Indonesia Paling Populer 2016

Tidak terasa sudah 3 tahun sejak postingan saya soal
top website Indonesia tahun 2013

Oke langsung saja, tahun 2016 kita tengok lagi di alexa website2 top yang diakses oleh pengguna dari Indonesia. Seperti sebelumnya website seperti google, facebook, youtube, twitter tidak saya masukkan. Karena yang saya masukkan lebih ke arah yang mengandung content Indonesia dibandingkan akses orang Indonesia ke website tersebut. Berikut top website Indonesia yang paling banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia tahun 2016 (maret 2016):

  1. Detik.com -- berita
  2. Tribunnews.com -- berita
  3. Liputan6.com  -- berita
  4. Kaskus.co.id -- forum
  5. Kompas.com -- berita
  6. Kapanlagi.com -- berita (selebritis) / infotainment
  7. Bukalapak.com -- jual beli
  8. Merdeka.com -- berita
  9. Tokopedia.com -- jual beli
  10. Okezone.com -- berita
  11. Lazada.co.id -- jual beli
  12. Uzone.id -- berita
  13. Klikbca.com -- servis perbankan
  14. Elevenia.co.id -- jual beli
  15. Sindonews.com -- berita
  16. Olx.co.id -- jual beli
  17. Bintang.com -- infotainment
  18. Kompasiana.com -- blog komunitas
  19. Tempo.co -- berita
  20. Suara.com -- berita
  21. Republika.co.id -- berita
  22. Metrotvnews.com -- berita
  23. Viva.co.id -- berita
  24. Rimanews.com -- berita
  25. Bankmandiri.co.id -- servis perbankan
  26. Alodokter.com -- info dan konsultasi kesehatan
  27. Jpnn.com -- berita
  28. Cliponyu.com -- video chat
  29. Bola.com -- berita (olahraga)
  30. Beritasatu.com -- berita
  31. Vidio.com -- portal video
  32. Pulsk.com -- social content
  33. Layarkaca21.com -- film
  34. Pajak.go.id -- pajak online
  35. Wowkeren.com -- infotainment
  36. Jobstreet.co.id -- pencari kerja
  37. Traveloka.com -- tiket online
  38. Nonton.mobi -- film
  39. Bisnis.com -- info dan berita bisnis
  40. Cnnindonesia.com -- berita
Dari segi konten berita masih tetap mendominasi top website papan atas Indonesia, memang mungkin dari sisi konten yang tidak terbatas dan tampak  masih banyak peluang website berita yang lain mendapatkan pengunjungnya, baik dari sisi tampilan, pengelompokan berita, kecepatan update berita, kedalaman berita, keterkaitan antar berita. Kurang lebih sama lah seperti koran atau stasiun tv. Tinggal pilih. Bahkan untuk berita selebritis juga rating tinggi, info yang diminati banyak orang.

Untuk jual beli juga masih banyak seperti:
bukalapak.com, tokopedia.com, lazada.co.id, elevenia.co.id, olx.co.id
Tampak bukalapak menyodok ke atas, iklan yang gencar dan kekuatan di google (SEO) tampak ditunjukkan dengan rankingnya sebagai situs jual beli online nomer 1 saat ini.
Agak aneh justru untuk olx, yang bergabung dengan tokobagus.com dan berniaga.com karena dulunya tokobagus sempat menjadi website jual beli nomor 1, juga berniaga. Memang bukan seperti hitungan matematis 21 + 22 + 23 = 65 .... (66 sih harusnya), kadang malah jadi 20.

Yang menarik adalah masuknya pajak.go.id di top website Indonesia yang paling banyak di akses. Sebuah prestasi yang baik dari Dirjen Pajak yang sedang getol dengan e-filing dan spt onlinenya.
Mungkin situs go.id pertama yang masuk ranah 100 besar website, sebagai rasa hormat dan bentuk dukungan khusus pajak.go.id saya kasi link ke sana. Orang bijak taat pajak :)

Mungkin ini dulu lah postingan saya setelah lama vakum sebagai penyemangat kembali posting.

sumber: http://www.alexa.com/topsites/countries/ID