Saturday, January 19, 2013

Top Website Indonesia - Website Lokal Paling Banyak di Akses di Indonesia [Januari 2013]

Sejak gudangmobil.com down jadi jarang saya buka2 Alexa, sampai akhirnya kemarin coba liat2 lagi Alexa alasannya karena pengin tahu perkembangan top website  di Indonesia.  Lebih khusus nya website indonesia/lokal yaitu website dengan konten local atau domain.co.id atau yang berbahasa indonesia atau kantornya di Indonesia :).

Untuk melihat daftar top sites alexa khusus Indonesia dapat di lihat di sini.
Website macam, google, facebook, youtube, blogspot, yahoo yang nangkring di top 5, serta website macam twitter,amazon, 4shared tidak saya masukkan karena tidak masuk ke kategori website lokasl. Karena kita tahu website lokal kita belum ada yang menjadi 'raja' di negeri sendiri seperti baidu yang nomer 1 di China. Walaupun perkembangan website lokal terus meningkat seiring pengguna internet yang meroket dan akses internet yang juga makin mudah. Bisa dilihat website seperti kaskus dan detik yang di Indonesia pengaksesnya lebih banyak daripada twitter/wikipedia.


Ok, berikut daftar website lokal yang masuk top 100 situs teramai yang diakses dari Indonesia berdasar Alexa per tanggal 19 Januari 2013:
  1. Kaskus.co.id (rank 8)
  2. Detik.com (rank 9)
  3. Kompas.com (rank 12)
  4. KlikBCA.com (rank 15)
  5. Tokobagus.com (rank 16)
  6. Viva.co.id (rank 18)
  7. Berniaga.com (rank 22)
  8. BankMandiri.co.id (rank 24)
  9. Indowebster.com (rank 25)
  10. ads-id.com (rank 27)
  11. Kompasiana.com (rank 29)
  12. Okezone.com (rank 32 )
  13. KapanLagi.com (rank 33)
  14. TribunNews.com (rank 35)
  15. Lintas.Me (rank 40)
  16. Ganool.com (rank 41)
  17. SmartFren.com (rank 43)
  18. Tempo.co (rank 45)
  19. Games.co.id (rank 51)
  20. Bhinneka.com (rank 52)
  21. Merdeka.com (rank 53)
  22. JNE.co.id (rank 55)
  23. Lazada.co.id (rank 57)
  24. Inilah.com (rank 58)
  25. Indonetwork.co.id (rank 60)
  26. olx.co.id (rank 61)
  27. Blogdetik.com (rank 64)
  28. Tokopedia.com (rank 66)
  29. Jobstreet.co.id (rank 71)
  30. RepublikaOnline.co.id (rank 72)
  31. BNI.co.id (rank 74)
  32. Liputan6.com (rank 75)
  33. Bola.net (rank 76)
  34. StafaBand.info (rank 83)
  35. 21Cineplex.com (rank 91)
  36. Travian.co.id (rank 95)
  37. LionAir.co.id (rank 100)
Kaskus, hingga saat ini masih tetap menjadi jawara situs indonesia. Walaupun sempat berubah domain dari kaskus.us menjadi kaskus.co.id/kaskus.com tetep di nomor 1, ditempel ketat oleh detik yang memiliki banyak subdomain kuat macam, detikhot, sport, forum dan sekarang didukung pula oleh transcorp milik si anak singkong :). Walaupun kalo liat trend detik mulai membalap kaskus. Kaskus pun pengunjung justru menurun dibanding saat masih menggunakan domain kaskus.us, mungkin akan saya bahas di posting yang lain.

Tampak dari 100 website yang diakses oleh pengguna internet dari Indonesia 37 website merupakan situs lokal (hampir 40%). Tentunya diharapkan bakal terus bertambah, kita liat saja data yang akan datang.

Dari data tersebut berdasarkan kategori konten(versi saya), website berakses tinggi didominasi oleh:
  • Portal berita (detik, kompas, viva.co.id - vivanews, tribun,tempo,okezone,merdeka,inilah)
  • Toko Online (tokobagus, berniaga , indonetwork, olx, lazada,tokopedia)
  • Forum,blog (kaskus.co.id, ads-id.com , kompasiana, blogdetik)
  • Informasi Spesifik (kapanlagi.com, 21cineplex, bola.net,jobstreet)
  • Internet Banking (bca, mandiri, bni)
  • File sharing (indowebster, ganool.com, stafaband.info)
  • Games (games.co.id, travian.co.id)
Dari data ini kelihatan dominasi utama adalah website/portal berita yang artinya orang Indonesia haus akan berita dan banyak yang cari berita di internet, kemudian forum seperti kaskus. Walaupun saya lebih setuju alasan website berita ramai karena konten berita yang sangat dinamis, ya berita yang terus update, dinamis dan bertambah mungkin jadi alasan utama website ramai dikunjungi, tak heran internet banking juga ramai pengunjung karena saldo kita yang dinamis dan selalu ingin kita cek, hehe :).

Ada trend baru dari daftar ini(sebenarnya sudah dari 2011 akhir). Kita lihat toko online sudah mulai masuk website yang ramai dikunjungi. Dulunya mungkin hanya bhinneka.com pionir toko online yang lengkap dan customer service yang baik selain jadi acuan harga produk komputer. Sekarang masuk tokobagus, berniaga, zalora - yang memang iklannya juga kenceng masuk TV. Perkembangan toko online ini tampak jelas dari penyedia layanan pengiriman barang JNE yang masuk di rank 55. Biasanya pengiriman dengan JNE memang menyertakan link untuk tracking online status pengantaran barang dengan nomor AWB.

Juga layanan perbankan internet banking yang ternyata responsenya positip tampak dari jumlah pengakses pada 2 bank paling besar di Indonesia. Harapan kita tentu juga internet banking ramai bukan sekedar orang cek saldo apakah masi ada yg bisa ditarik :),  tapi tentu pertumbuhan ekonomi yang meningkat ^^

Dari penerbangan yang masuk hanya lion air, dari operator seluler hanya smartfren (kaget juga ternyata aksesnya diatas telkomsel yang sekarang keluar dari 100 besar).

Sebenarnya ada website macam agoda.com yang juga masuk di rank 76, tapi saya anggap ini website luar negeri juga :) berbeda dengan lazada.co.id, berniaga yang walaupun dari luar tapi jelas-jelas peruntukannya buat orang indonesia bahasa full indonesia.






Thursday, January 17, 2013

Lumosity.com website olah raga otak

Dapat dari link ads di gmail, iseng2 daftar di lumosity.com
di awal cukup menarik, bagian mana dari otak kita yang ingin ditingkatkan.
klik next sana sini, finish registrasi dan kita dapat mulai bermain secara **gratis**

Website lumosity sendiri adalah website untuk meningkatkan kinerja otak  (katanya) / melatih otak dengan menggunakan game. Berikut kata2 yang ada di website tsb:
Training can create new neural pathways in your brain.

Lumosity feels like fun games, but it's based on serious neuroscience.

Bagusnya di setiap game ada penjelasan tujuan game ini untuk melatih apa(speed,memory,problem solving, attention atau flexibility), ada leveling kemampuan , mencatat nilai kita perhari dan catatan peningkatan performa kita.Di Preview sebuah game akan dijelaskan tentang manfaat dari game yang akan kita mainkan seperti berikut:
Games
Memory Matrix exercises spatial recall: the ability to remember an item’s location.

Research has shown that training with spatial recall tasks can improve working memory and attention.
Selain itu ada bagian "Did You Know (Tahu Nggak Sih)?"  fakta, statistik dan riset terkait dengan otak seperti berikut:

“The human brain has about 100 billion neurons. A stack of 100 billion pieces of paper would be about 5000 miles high. ”

“The average adult human brain weighs about 1400 grams (3 pounds), or about 2% of total body weight.”

“Learning new things - like a new language, or how to play an instrument - keeps your brain active and might help you stay sharp.”
Yup, lumayan setiap hari login sekali buat olahraga otak ringan :)
Sekedar catatan, game di website ini berbasis flash, jadi ga bisa dijalankan pada perangkat apple (iphone/ipad). Bahasanya pun bahasa inggris, ada sejumlah permainan yang membutuhkan pengetahuan bahasa inggris.

Walaupun untuk fitur penuh kita harus membayar, ada sejumlah game dan fitur yang terkunci untuk versi gratis(saya rasa wajar). Tapi versi free nya pun cukup menarik.

Dan rasanya tidak heran kalau grafik kita meningkat(seperti dijamin oleh website ini), ya sesuai pepatah "Alah bisa karena biasa".


So berminat mencoba??  ga ada ruginya kamu mampir ke lumosity.com




Sunday, January 13, 2013

PHP - Menghilangkan karakter bukan huruf dan angka (non alphanumeric)

Sempat ada kasus di gudangmobil.com - website jual beli mobil
sejumlah foto yang diupload nama file nya mengandung karakter yang aneh yang mungkin memang bawaan dari kamera digital sehingga pada saat dibuka di browser tidak tampak / bermasalah.

Karena itu pada saat file gambar diupload karakter2 aneh tersebut harus dihilangkan, khususnya untuk karakter selain angka dan huruf.

Dengan PHP dapat digunakan fungsi preg_replace untuk remove non alphanumeric charachter dari sebuah string / nama file.

Berikut kurang lebih regex yang dapat digunakan:

$stringBersih = preg_replace("/[^A-Za-z0-9.]/", '', $stringAsli);

Dengan kode ini maka nama file atau string yang mengandung karakter aneh dapat dihilangkan. Karakter selain angka 0 - 9 dan karakter dari a-z (besar dan kecil) tetap dijaga.

Fungsi ini dapat digunakan untuk memfilter string atau membersihkan(rename) nama file.
Semoga bermanfaat.